(nugget ubi)
Di susun oleh :
Dyah Tari
KATA
PENGANTAR
Puji
syukur kita panjatkan atas kehadirat Tuhan yang Maha Esa berkat Rahmat dan
Hidayahnya saya dapat menyelesaikan proposal wirausaha ini. Proposal ini saya buat
untuk lebih memajukan usaha saya di bidang kuliner dan proposal ini saya beri
judul “NUBI”(nugget ubi).
Kepada
semua pihak yang telah membantu saya dalam menyelesaikan proposal ini saya
mengucapkan banyak terimakasih, terutama kepada kedua orang tua saya yang telah
mendukung saya dalam menyelesaikan proposal ini. Dan saya ucapkan terimakasih
juga kepada kepala sekolah SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta, pembimbing, Guru,
serta siswa-siswi SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta.
Semoga
proposal kewirausahaan ini dapat bermanfaat dan sebagai inspirasi untuk semua
pihak, khususnya generasi muda dalam berkarya dan menciptakan ide-ide baru
sehingga tercipta wirausahawan yang sukses dalam Negri maupun luar Negri.
Saya
menyadari bahwa proposal ini jauh dari kata sempurna. Oleh karena itu, saya
mengharap kritik dan saran yang bersifat membangun agar usaha saya menjadi
lebih baik. Atas dukungan dari bapak, ibu, saudara, dan teman-teman. saya
mengucapkan terimakasih.
Yogyakarta, 22
Febuari 2016
Penyusun
Dyah
Tari
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR
ii
DAFTAR ISI
iii
BAB I PENDAHULUAN
1
A.
Latar belakang..........................................1
B.
Tujuan menekuni
usaha............................3
BAB II DESKRIPSI
USAHA....................................4
A. Latar belakang usaha...............................4
B. Visi dan Misi...........................................4
C.
Managemen
usaha..................................5
BAB III ASPEK PEMASARAN..............................6
A.
Deskripsi
produk usaha..........................6
B. STP (Segmentation, Targetting, dan Positioning).......................7
C.
Marketing Mix.............................................................................8
D.
Analisis
lingkungan......................................................................9
E.
Analisis
manfaat dan resiko usaha..............................................10
BAB IV ASPEK
PRODUKSI.......................................................................11
A.
Proses
produksi............................................................................11
B.
Proses
pembuatan........................................................................12
C.
Prediksi arus
kas..........................................................................13
D.
Prediksi
keuntungan.....................................................................14
E.
Rencana
pendapatan.....................................................................14
BAB V PENUTUP..........................................................................................15
LAMPIRAN-LAMPIRAN..............................................................................16
BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR
BELAKANG
Di Indonesia terdapat berbagai macam suku dan daerah.
Dan dalam setiap daerahnya mempunyai hasil alam. salah satu hasil alam
indonesia yaitu Ubi jalar. Ubi jalar merupakan tanaman pangan dari golongan ubi-ubian
yang berasal dan
Amerika Latin.
Di Indonesia
tanaman ini disenangi petani karena mudah pengelolaan-nya relatif tahan
terhadap kekeringan, disamping itu dapat tumbuh pada berbagai macam jenis
tanah. Keistimewaan lain ubi jalar, sebagai salah satu tanaman penghasil
karbohidrat yang keempat setelah padi, jagung dan ubi kayu. dalam hal kandungan
gizinya terutama pada kandungan beta karoten yang cukup tinggi dibandingkan
dengan jenis tanaman pangan lainnya. Terutama pada varietas ubi jalar yang
warna daging ubinya jingga kemerah-merahan.
Adapun manfaat yang terdapat pada
ubi jalar ini :
1.
Mencegah Diabetes
Ubi
dianggap mengandung indeks glikemik rendah dan penelitian terbaru menunjukkan
ubi dapat mengurangi gula darah dan resistensi insulin pada penderita
diabetes. Serat dalam ubi jalar membuat perbedaan besar juga. Penelitian telah
menunjukkan bahwa penderita diabetes tipe 1 yang mengonsumsi diet tinggi serat,
telah meningkatkan gula darah, lipid dan kadar insulin. Satu ubi jalar sedang
memberikan sekitar 6 gram serat.
2. Mengurangi Tekanan Darah
Mempertahankan
asupan natrium yang rendah sangat penting untuk menurunkan tekanan darah, namun
meningkatkan asupan kalium mungkin sama pentingnya. Menurut the National Health
and Nutrition Examination Survey, kurang dari 2% orang dewasa di AS memenuhi
rekomendasi harian kalium yaitu 4.700 mg.3 Satu ubi jalar menyediakan
sekitar 542 miligram.
3. Mempengaruhi
Kesuburan
Bagi wanita
yang masih subur, mengkonsumsi lebih banyak zat besi dari sumber tanaman dapat mempengaruhi kesuburan,
menurut Harvard Medical School Harvard Health Publications. Vitamin A dalam ubi
jalar (dikonsumsi sebagai beta karoten, kemudian dikonversi menjadi vitamin A
dalam tubuh) juga penting selama kehamilan dan menyusui untuk sintesis hormon.
4.
Mengatasi
Peradangan
Kolin merupakan
nutrisi yang sangat penting dan serbaguna dalam ubi jalar untuk membantu tidur,
gerakan otot, belajar dan memori. Kolin juga membantu untuk mempertahankan
struktur membran sel, membantu dalam transmisi impuls saraf, membantu dalam
penyerapan lemak dan mengurangi inflammation. Dalam studi yang dipublikasikan
oleh Journal of Medicinal Food, ekstrak ubi jalar ungu ditemukan memiliki efek
anti-inflamasi dan antilipogenic positif.
5.
Menjaga Kesehatan Mata
Menurut Duke
dokter mata Jill Koury, MD, kekurangan vitamin A dapat menyebabkan segmen luar
fotoreseptor mata memburuk, merusak penglihatan normal. Memperbaiki kekurangan
vitamin A dengan makanan tinggi beta karoten akan mengembalikan kemampuan
penglihatan.
Di era globalisasi saat ini terdapat banyak makanan
yang mengandung zat-zat kimia yang berbahaya untuk tubuh. melihat dari banyak manfaatnya
saya terinspirasi untuk membuat produk makanan nugget yang berbahan utama dari
Ubi. Produk makanan nugget ini cukup familiar di telinga masyarakat indonesia,
walaupun sudah familiar tapi produk makanan nugget ini berbeda, umumnya produk
nugger terbuat dari daging sapi, ayam, dan sayuaran. Namun kali ini saya
membuat dengan bahan utama Ubi, dan saya ingin berkreasi untuk membuat nugget Ubi
(NUBI).
B.
TUJUAN MENEKUNI USAHA
§ Memberi motivasi kepada generasi muda Indonesia agar selalu
mempunyai ide-ide untuk menghasilkan suatu produk yang mempunyai nilai manfaat
bagi dirinya dan masyarakat pada umumnya.
§ Ingin memperoleh pengalaman dengan belajar berwirausaha sekaligus
memperoleh keuntunganan.
§ Bahan baku yang digunakan mudah didapat.
§ Menyemarakkan ragam kuliner di Indonesia.
§ Membuka lapangan pekerjaan.
§ Menambah cipta menu makanan khas Indonesia.
BAB II
DESKRIPSI USAHA
A. LATAR BELAKANG
PENGUSAHA
DATA PENGUSAHA
Nama pengusaha : Dyah Tari
Alamat usaha : Jln Kusumanegara 302
Bidang usaha : Kuliner
Jenis produk usaha : Produk Makanan
Kontak person : 089674942384
Email : dyah.tari99@gmail.com
B. Visi dan Misi
Visi :
Ø Menambah cipta menu makanan.
Ø Mendapat penghasilan
Ø Memanfaatkan SDA yang ada
Misi :
Ø Berani menciptakan inovasi baru
Ø Memberi motifasi untuk generasi muda
Ø Meningkatkan peluang-peluang usaha
A. MANAGEMENT USAHA
Suatu usaha yang baik adalah
pengusaha yang memiliki pengelolaan usaha dan struktur organisasi yang baik dan
jelas. Maju atau tidaknya suatu pengusaha
dapat dilihat dari kinerja oganisasinya. Berikut bagan organisasi dan
penjelasan dari usaha “NUBI”.
Dalam usaha “NUBI” terdapat seorang pemimpin perusahaan yang
bertanggung jawab atas semua kegiatan perusahaan. Pimpinan perusahaan juga merupakan pengambil
keputusan terakhir dan terkuat. Dibawah pimpinan perusahaan terdapat tiga bagian menajer, diantaranya adalah :
1. Manager
Oprasional adalah penanggung jawab operasional produksi sehingga produk yang
dihasilkan, apakah sudah memiliki mutu yang sesuai dengan standar yang telah
ditetapkan.
2. Manager
Pemasaran adalah penanggung jawab mengenai pendistribusian produk hingga sampai
ke konsumen.
3. Manager
Keuangan adalah penangung jawab mengenai pendapatan arus keluat dan masuknya
kas perusahaan.
BAB III
ASPEK
PEMASARAN
A.
DESKRIPSI
PRODUK USAHA
·
Jenis produk yang dipasarkan
Nama produk : “ NUBI” nugget ubi
·
Keunggulan produk yang dipasarkan :
Ø Harganya
cukup terjangkau
Ø Semua
kalangan bisa menikmatinya
Ø Digemari
lapisan masyarakat
Ø Mempunyai
banyak manfaat
·
Mekanisme pelaksanaan usaha :
Mekanisme usaha yang saya jalankan
yaitu:
§ Pembelian
bahan baku
§ Pengolahan
§ Pengemasan
§ Penjualan
berserta bukti-bukti transaksi dan laporan penjualan
·
Deskripsi calon pelanggan :
Sasaran konsumen produk
usaha saya yaitu seluruh lapisan masyarakat seperti ibu rumah tangga, swalayan, dan toko-toko
terdekat. Saya menyediakan produk makan yang praktis dan sehat untuk tubuh.
B.
STP (SEGMENTATION, TARGETTING, DAN POSITIONING)
a)
Segmentasi
Segmentasi pasar dalam memasarkan
produk ini terbagi menjadi dua segmen,
yaitu :
Ø
Guru,
karyawan dan siswa SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta
Kelompok guru, karyawan dan Siswa
SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta merupakan pangsa pasar yang besar karena di
sekolah dan sekitar rumah belum ada yang memproduksi “NUBI”. Dengan jumlah
kurang lebih 1.500 orang, oleh karena itu guru, karyawan, dan Siswa SMK
Muhammadiyah 3 Yogyakarta merupakan target pemasaran yang potensial.
Ø
Masyarakat
umum
Segmen ini terdiri dari para
warga lingkar rumah saya dan toko maupun swalayan. bagi segmen ini, yang
terpenting adalah seberapa besar manfaat yang mereka peroleh dari mengkonsumsi
produk ini. Segala keunggulan yang di tawarkan produk ini tentuya merupakan
terget pemasaran yang pontensial.
b) TARGETTING
Pada
jangka pendek, target utama pemasaran produk ini adalah kelompok Guru.
Karyawan, dan siswa SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Hal ini dikarenakan fakta
bahwa segmen ini memiliki ukuran pasar yang besar. Selain itu kelompok ini
merupakan pangsa pasar strategis yang mudah dijangkau dan ditinjau. Sedangkan
masyarakat umum merupakan umum merupakan target pada jangka panjang sehinga
diharapkan produk ini dapat beredar dan diterima oleh masyarakat luas.
c)
Positioning
Pemasaran
produk diarahkan sebagai produk “NUBI” yang terjangkau, dan lezat serta
memiliki pemrosesan yang hiegenis. Selain itu, penciptaan produk ini diharapkan
mampu menciptakan produk dengan cita rasa yang berbeda dibanding produk nugget
yang sudah ada. Pengemasan yang eksklusif dan menarik juga diharapkan mampu
memikat konsumen baik dari bentuk kemasan maupun kehigienisan penyajian.
C. MARKETING
MIX
1.
Product
Produk “NUBI” ini merupakan
variasi dari produk nugget yang sudah ada. Produk ini disajikan dalam kemasan
ekonomis isi 10 dengan penyajian digoreng terlebih dahulu. Keunggulan dari
produk ini adalah bahan dasar Ubi yang banyak mengandung manfaat untuk
kesehatan tubuh.
2.
Price
Produk ini dijual dengan harga
yang cukup terjangkau dengan satu kemasan ekonomis seharga Rp. 5.000,00.
Dikatan terjangkau karena sesuai dengan bahan bakunya yang mudah didapat dan
mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.
3.
Place
Penentuan lokasi pemasaran
merupakan hal yang paling signifikan dalam memasarkan produk. Target pemasaran
melingkupi daerah lingkar SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Adapun beberapa
kriteria dalam memilih area ini didasarkan pada letaknya yang strategis,
peluang pasar yang potensial, akses masuk yang mudah, serta opportunity cost
yang relatif kecil. Oleh karenanya ditetapkan 2 lokasi pemasaran, yaitu kantin
SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta dan masyarakat sekitar rumah saya.
4.
Promotion
Promosi harus dilakukan oleh
setiap perusahaan karena merupakan strategi awal dalam mengenalkan produk yang
tergolong baru ini kepada masyarakat. Hal yang akan saya lakukan yaitu dengan
cara :
a.
Personal
selling
Saya selalu melakuan penjualan
langsung ke pada konsumen untuk menjamin kesegaran dan mutu produk yang saya
produksi, dengan demikian konsumen juga bisa menyampaikan langsung kepada saya
mengenai kesan tentang produk saya sehingga dapat saya evaluasi dengan segera
apabila ada keluhan.
b.
Brosur
Produk ini juga akan saya
iklankan melalui media cetak berupa brosur yang akan saya bagikan untuk lebih
bisa mengenalkan produk saya ini. Selain itu melihat dari kemajuan teknologi
saat ini saya juga akan mengiklankan produk utama saya dijejaring sosial.
D. ANALISIS
LINGKUNGAN USAHA (SWOT)
Untuk menilai apakah usaha saya
tetap bisa bertahan dan berkembang serta bisa menghindari resiko kerugian makan
saya harus menilai kelayakan usaha ini dengan analisis SWOT.
1.
Strength
(kekuatan) :
a.
Tanpa
bahan pengawet
b.
Mempunyai
banyak manfaat
c.
Mudah
dalam penyajiannya
d.
Bahan
baku yang mudah didapat
e.
Harga
terjangkau
2.
Weakness
(kelemahan)
a.
Tidak
tahan lama
b.
Harus
delalu dalam lemari es
3.
Opportunity
(peluang)
a.
Belum
ada yang memproduksi nugget dari Ubi
b.
Yogyakarta
sebagai wisata kuliner
4.
Treat
(ancaman)
a.
Daya
tahan yang tidak lama (maksimal 1 minggu)
b.
Muncul
pesaing baru yang memproduksi nugget
A. ANALISIS
MANFAAT DAN RESIKO USAHA
Ø MANFAAT TERHADAP MASYARAKAT SEKITAR
-
Dapat mensuplai karbohidat dan vitamin
untuk tubuh manusia.
Ø
MANFAAT
TERHADAP LINGKUNGAN
-
Mengurangi bahan-bahan kimia dari pabrik
yang setiap harinya digunakan untuk memproduksi produk tersebut.
Ø
ANALISIS RESIKO USAHA
-
Kurangnya teamwork dalam perusahaan.
-
Kerugian jika produk tidak laku.
Ø
ANTISIPASI RESIKO USAHA
-
Menambah varian dari produk tersebut.
-
Mengadakan acara yang dapat mempersatukan kinerja
kebersamaan kita.
BAB IV
ASPEK PRODUKSI
A.PROSES PRODUKSI
Bahan :
a.
Ubi 10kg
b.
Ayam 1 ½ kg
c.
Telur ½ kg
d.
Tepung panir 2kg
e.
Tepung terigu ½ kg
f.
Tepung roti ½ kg
g.
Garam
h.
Merica
i.
Bawang putih
j.
Air putih secukupnya
k. Mentega
Alat :
a.
Panci
b.
Pisau
c.
Baskom
d.
Sendok
e.
Loyang
f.
Blender
g.
Mixer
h.
Kuas
B.
PROSES
PEMBUATAN :
·
cuci ubi hingga bersih
·
rebus ubi , selama 20 menit / hingga ubi
empuk
·
setelah itu angkat, dan diamkan agar ubi
menjadi dingin
·
setelah ubi dingin, kupas kulit ubi
hingga bersih
·
lalu blender ubi hingga menjadi lunak
· setelah ubi lunak, tambahkan ayam,
tepung terigu, dan tepung roti aduk hingga merata
·
campurkan bawang putih yang sudah di haluskan, tambahkan
garam, merica, dan air lalu aduk hingga merata
·
setelah itu tuang adonan ke loyang yang
sudah di lapisi mentega terlebih dahulu
·
lalu kukus selama 30 menit
·
Setelah 30 menit , angkat dan diamkan
agar menjadi dingin
·
Setelah dingin potong-potong mejadi
persegi/sesuai selera
·
Lalu celupkan ke dalam putih telur
·
Lalu masukkan kedalam tepung panir
·
Panaskan minyak , setelah panas masukkan
nugget ke dalam minyak panas tersebut , tunggu hingga warna menjadi
keemas-emasan , angkat dan tiriskan
·
Letakkan pada piring saji dan beri
hiasan
·
Nugget siap di sajikan untuk dinikmati
C. PREDIKSI ARUS KAS
Prediksi
penjualan rata-rata untuk setiap harinya saya mampu membuat 1000 buah nugget
maka diperoleh hasil :
TOTAL HASIL PENJUALAN
1000 buah @ Rp. 500,00 Rp.500.000,00
Biaya bahan baku & bahan tambahan :
o
Ubi 10kg Rp. 30.000,00
o
Ayam 1½ kg Rp. 45.000,00
o
Telur ½ kg Rp. 10.000,00
o
Tepung panir 1 kg Rp. 12.000,00
o
Tepung terigu ½ kg Rp. 3.000,00
o
Tepung roti ½ kg Rp. 5.000,00
o
Garam secukupnya Rp. 1.000,00
o
Merica secukupnya Rp. 1.000,00
o
Bawang putih 100 gram Rp.
3.000,00
o
Kemasan Rp.
10.000,00 +
TOTAL
BIAYA BAHAN Rp.120.000,00
BIAYA
OPERASIONAL
·
Tenaga kerja Rp. 30.000,00
·
Transportasi Rp. 20.000,00
·
Penyusutan Rp. 20.000,00
·
Lain-lain
Rp.
10.000,00 +
TOTAL
BIAYA OPRASIONAL Rp80.000,00
+
TOTAL BIAYA PRODUKSI Rp.200.000,00
D.
PREDIKSI KEUNTUNGAN
TOTAL HASIL PENJUALAN
1000 buah @ Rp. 500,00 Rp.500.000,00
TOTAL BIAYA PRODUKSI Rp.200.000,00 _
LABA KEUNTUNGAN DALAM 1 HARI Rp.300.000,00
E.
RENCANA PENDAPATAN
LABA PRODUKSI DALAM 1 HARI Rp.300.000,00
LABA BERSIH DALAM 1 BULAN (26 Hari)
26
X Rp.300.000,00 = Rp.7.800.000,00
PRESENTASE
LABA BERSIH
%
Laba
bersih = (laba bersih : hasil penjualan) x 100%
= (Rp.300.000,00 :
Rp.500.000,00) x 100%
= 60%
BAB
V
PENUTUP
Usaha yang saya jalankan ini sangat memerlukan banyak dukungan dari
berbagai pihak, baik orang tua,
guru pembimbing, produsen, konsumen,
distributor, lingkungan sekitar,
serta rencana kedepan mengajukan
perizinan usaha.
Dengan adanya latar belakang usaha tersebut, prediksi target penjualan yang memadai saya
pergunakan sebagai motivasi
untuk menangani usaha secara
optimal dan sebagai
upaya untuk mengembangkan usaha
yang saya jalankan.
Demikian proposal usaha ini saya buat,
kritik dan saran sangat saya harapkan
dari berbagai pihak, yang tentunya untuk kemajuan usaha saya. Atas perhatian dan partisipasinya saya
ucapkan terimakasih.
Yogyakarta, 22 Febuari 2016
penyusun
Dyah Tari




nugget nya enak, lembut..mantap!!
BalasHapusWah, nuget ubinya enak lho...spicy bgt!!!!! love it...
BalasHapusuuuuuueeenak tenan NUBI (Nugget Ubi) makanan sehat mantaps banget, mbak tari pesan 5 bungkus ya................... aq suka dech !!!!!1
BalasHapusSip Uneak, pesanan ku dah sampai Mantab !!
BalasHapusWOW !!! TERIMAKASIH BAPAK IBU GURU, DI TUNGGU ORDERAN SELANJUTNYA :)
BalasHapusMbak kalau pesen nugget ubinya dihubungin ke nmr yg mana ya?
BalasHapusAlamat nya diman ya mba?
BalasHapusWah enak sekali mbak nubi nya..mantab
BalasHapus